Media Kicau Mania Se Indonesia
HomeIndeks
Berita  

ORIQ Bocorkan Sistem Piala Kota Bunga

Space Iklan
Gelaran berkelas Nasional yang bertajub Piala Kota Bunga, Oriq siap jamu pemain dengan penjurian farplay.
Team Juri Oriq DPC Malang
Malang, mediakicaumalang- Perlombaan burung bertingkat Nasional, akan segera di gelar di Bumi Arema. Bartajub Piala Kota Bunga, gelaran yang di promotori oleh Oriq Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Malang, sengaja membuat event besar untuk menggebrak dunia perkicauan yang saat ini sedang naik daun.
Oriq adalah organisasi komunitas yang bergerak di bidang perburungan, nama Oriq memang sudah tidak asing bagi para pencinta burung atau di sebut kicau mania, pasalnya Oriq sendiri merupakan salah satu Event Organizer yang sering kali membuat event – event yang berkelas Nasional.
Memang Oriq Malang sempat fakum dalam tahun belakangan ini, namun di tahun 2023 Oriq ingin kembali menunjukkan taring dengan malakukan gebrakan terbaru untuk membuat event dengan kelas yang bertingkat Nasional.
Event dengan tajub Piala Kota Bunga yang akan di selenggarakan pada 19 November 2023, di lapangan Yonkaf 3 A/C Singosari Kabupaten Malang. Oriq ingin menunjukan kepada publis untuk menciptakan sebuah karya yang di harap bisa menjadi ajang silahturohmi dunia perkicauan.
Piala Kota Bunga yang di gagas langsung oleh Taufan Sandi sebagai DPC Malang Raya sengaja membuat event yang berskala Nasinoal dengan menghadirkan burung burung berkuliatas dan kelas kelas yang saat ini jarang di temui saat berada dalam perlombaan burung.
Konsep yang di sajikan oleh pantia Piala Kota Bunga  cukup bisa menarik perhatian pencinta burung, guna hadir dan bisa beradu gengsi untuk  memperebutkan tropi juara di ajang silahturohmi para penghobi burung.
Zain Abi, Keke & Wjiyono (Ketua Pelaksana Piala Kota Bunga)
Sebelum Piala Kota Bunga di selenggarakan, panitia pelaksana Oriq yang di wakili oleh Wijiono mengatakan, sebelum gelaran piala kota bunga ini di laksanakan, sudah dan akan menggelar road to Piala Kota Bunga dengan menggandeng 6 gantangan yang ada di dalam dan luar Kota Malang, “kata panitia pelaksana Oriq”.
“Ada enam titik gantangan yang sudah kami kerjasamakan, enam titik gantangan itu lima ada di Malang, dan satu ada di luar Malang, kalau yang di Malang ada di Majesty BC, Panglima BC, Maharani BC, Janaka BC, dan supporting di ajang Piala Konslet Malang, itu yang ada di Malang kalau luar kota ada di KKJ Pasuruan”, ujarnya.
Nantinya dalam gelaran di tanggal 19 november, Oriq memberikan bocoran dengan menggunakan tema pembatasan gantangan, agar pemain dan juri bisa saling bekerja sama dalam memantau burung saat berlaga di arena ajang Nasioanal.
“Konsep ini saya bocorkan agar pemain tahu, sistem yang ada di tanggal 19 november, kami dari panita akan penggunakan sistem pembatasan nomor gantangan tidak full, kalau dulu kita membuat event full 64 gantangan, dan sekarang kita rubah menjadi 16G 2%, 24G 28%, 36G 60% dan 48G 10% gantangan agar pemain dan juri bisa mudah memantau burung kerja, dan menghindari kericuan di lapangan”, jabarnya.
Lebih lanjut ia juga menambahkan, ” kami juga sudah memberitahukan kepada rekan rekan gantangan, untuk memberikan pantaun khusus kepada para pemain yang sudah menggunakan sangkar oriq di setiap gelaran Road To Piala Kota Bunga, ada free tiket di kelas sangkar Oriq”, jabarnya.
“Untuk tiket ini mas, yang utama kita  hanya  akan menggunakan 16 gantangan tujuan nya untuk mencegah keributan saat berada di lapangan, kalau jumlah burung terlalu banyak, pantauan burung bisa jadi tidak maksimal dan menimbulkan konflik di lapangan”, bebernya.
“Kelas kelas yang akan lombakan terdiri dari murai batu, Cucak Hijau, Hwamei, Anis Merah, Anis Kembang, Kenari, Love Bird, Cendet, Cucak Jenggot, SRDT dan Kacer, ada juga burung burung masteran.  Beberapa burung yang saat ini sudah  jarang di temui di gantangan, dari event ini kita mencoba bangkitkan kembali”, tutupnya.
Harapannya dengan adanya gelaran tersebut, Oriq sebagai EO yang sudah lama fakum, bisa kembali sukses, dan bisa menjadi salah satu wadah di berbagai daerah untuk memajukan komunitas terbesar di dunia penghobi burung. ( Fan )
Brosur Piala Kota Bunga, 19 November 2023