Media Kicau Mania Se Indonesia
HomeIndeks
Berita  

Komunitas Sogon Bersiap hadir di Event Piala Kota Bunga

Komunitas Sogon sudah mempersiapkan diri untuk datang dan meramaikan ajang bergengsi dunia penghobi burung dan mengharap komunitas sogon luar Kota juga ikut andil untuk bersilaturohmi.

Space Iklan
Komunitas Sogon Malang Raya
Komunitas Sogon Malang Raya

Malang, mediakicau – Komunitas pencinta Burung memang tidak ada matinya, berbagai perkumpulan jenis-jenis burung sudah menghiasi, dunia penghobi kicau. Salah satu komunitas yang memilki jumlah massa cukup banyak dan solid adalah jenis burung sogok ontong atau sogon.

Burung sogon adalah jenis burung kecil dan berparuh kecil panjang biasa menghisap sari madu saat berada di alam liar.

Burung sogon mempunyai tubuh kecil mungil, seperti burung kolibri atau pleci dan memiliki ukuran sekitar ibu jari tangan orang dewasa. Dengan panjang 10 cm, dari kepala hingga ekor dan memiliki berat umumnya hanya 11 gram.

Sogon sendiri memilki komuntis yang bernama Sogok Ontong Malang raya, terbentuk pada tahun 2014 komunitas tersebut mengadakan kopdar( ngopi bareng) atau pertemuan sesama pecinta burung sogon di rumah Wiji Nur Rohid tepatnya di jalan Mergosono Gang 09 Kota Malang.

Dengan memiliki jumlah anggota 18 ribu di platfon Facebook. Untuk kegiatan komunitas sogon setiap hari Minggu berkumpul di satu titik. Karena komunitas ini, memiliki beberapa kapter di daerah daerah yang memiliki naungan Sogok Ontong Malang Raya, dan untuk latihan bersama ( latber) di fokusan di daerah tersendiri untuk meramiakan pemula, ucap “Nur Hasnudin Ketua Sogok Ontong Malang Raya”.

Nur Hasanudin ketua Sogon Malang Raya
Nur Hasanudin ketua Sogon Malang Raya

“Burung Sogok Ontong yang dulu di anggap sebelah mata, sebagai burung masteran di gantangan, namun Sogon ada nilai lebih yaitu burung Sogon memiliki irama lagu, dan gaya yang tarung bagus, hingga layak naik di gantangan merupakan suatau kebanggaan komunitas dari Malang sendiri, menjadi barometer Sogok Ontong seluruh Indonesia, karena Sogon pertama kali ada gantangannya ya di Malang”, jelas pria yang akrab di sapa Nurdin.

Komunitas Sogon sendiri sudah mempersiapkan amunisi untuk bertempur dengan komunitas burung yang akan berlaga di ajang bergengai tingkat Nasional, bertajub Piala Kota Bunga pada tanggal 19 November 2023.

Ia menjabarkan, persiapan dalam mengikuti Piala Kota bunga, “karena Piala Kota Bunga stopress brosurnya sudah keluar 2 bulan yang lalu, kita langsung mengeshare lewat Facebook dan whattsap tentang adanya gelaran besar tersebut. Untuk teman teman yang ada di luar Kota dan untuk persiapan di Malang sendiri, ( Lek awakmu gelem bowoh aku gelem bowoh) ibarat kata, kita akan mengundang rekan rekan yang ada di luar kota untuk ikut meramaikan Piala Kota bunga”, sambungnya.

Untuk harapan di Piala Kota Bunga, “Semoga dalam gelaran Piala Kota Bunga bisa ramai, sukses, dan terutama untuk komunitas saya sendiri (Sogon Malang Raya), yang ada di Malang ini bisa lebih solid lagi dan kedepan Piala Kota Bunga bisa ada ajang lagi di kota Malang”, tutupnya. ( Fan)