Media Kicau Mania Se Indonesia
HomeIndeks
Berita  

Memahami, dan Sedikit Mengupas Karakter Burung Kenari.

Space Iklan

 

Mediakicau.com – Melihat semakin berkembangnya dunia perkicauan yang ada di Malang membuat mediakicau.com ingin sedikit mengupas salah satu jenis burung, burung yang menurut para pencinta kicau mania sempat mengalami kenaikan harga burung. Jenis burung yang akan kami kupas adalah burung kenari.

Para pencinta burung pasti tidak asing dengan burung kenari, burung kenari di kutip dari beberapa artikel, burung kenari memiliki keunikan yang pantas untuk di pahami. Beberapa jenis burung kenari diantaranya, kenari roller, kenari wasterslager dua jenis burung kenari inilah termasuk burung yang masih populer di luar negeri.

Bagi sebagian orang, untuk memelihara kenari, mungkin di anggap sesuatu yang membosankan. Karena alunan lagunya yang biasa saja, tidak seperti burung kicauan yang lebih memiliki variasi suara tersendiri.

Sebagian orang berpendapat terhadap jenis kenari, muncul karena terpaku pada jenis jenis, kenari yang masih umum di pelihara oleh orang orang di Indonesia, misalnya lokal, YS Import maupun lokal, lizard dan sejenisnya.

Kalau kita pahami Jenis burung kenari tersebut memiliki irama yang lebih kaya, di bandingkan dengan jenis burung kicauan lainnya. Dari satu jenis kenari saja kita bisa mendapatkan ratusan varietas dengan suara lagu yang berbeda beda. Bahkan sampai saat ini kita masih terpaku pada kenari sebagai burung kicauan, di Eropa justru sudah lama memelihara kenari khas atau postur, bisa juga ke duanya di kombinasikan.

Para penangkar kenari khususnya di Indonesia, lebih mengedepankan tarikan panjang lagu dan isian, karena fokus untuk menciptakan kenari yang di lombakan. Namun sebaliknya, penangkar kenari di Eropa justru lebih fokus pada bagaimana menciptakan varietas baru, dengan suara alami, terlihat pada karakter lagu seperti wasterslager, kenari Rusia, Spanish timbrado, slavujar, America singer, orpheus canary, flawta canary, harz atau biasa di sebut kenari roller.

Kalau berbicara mengenai karakter suara. karakter suara, yang di tanamkan pada kenari, penyanyi memang tidak jauh dari landasan para penangkar kenari di luar negeri, seperti kualitas tone Nanda tinggi, rendah, produksi suara kicau, kekuatan Vocal, warna nada dan juga durasi. Sedangkan kualitas lagu terdiri dari, Kecepatan kicau yang sesuai dengan irama, melody yang di anggap elemen lagu yang merupakan gabungan dari suara simultan yang berbeda tetapi konsisten.

Kenari roller memiliki lagu yang rendah di banding dengan jenis kenari penyanyi lainnya. ritme lagu yang terus menerus, dengan suara berongga atau bergema. Untuk kenari wasterslager, kenari ini berasal dari Belgia, dan sangat populer, di Eropa. Varietas ini biasa memiliki warna terang ( kuning muda) dengan kombinasi warna gelap. Wasterslager yang asli biasa menirukan suara gemuruh dari sungai, dengan irama Lambat.

Spanish timbrado merupakan kenari penyanyi, yang di kembangkan di Spanyol, dengan mencampurkan beberapa lagu, dari kenari lokal bersuara bagus dan kenari liar. Untuk karakter suara adalah bel bernada tinggi, seperti dentingan logam, dan suara alat musik Spanyol kastanet. Untuk warna biasanya hijau, putih, kuning atau beraneka warna.

Untuk melatih dan menampilkan, karakter dalam lagu kenari, memang bukan hal mudah, butuh waktu yang cukup lama, di mulai sejak kenari masih anakan, sebab di usia tersebut burung kenari sudah bisa untuk di latih. (fan)